Langsung ke konten utama

CARA MEMBUAT NIB








 

Berikut syarat dan cara membuat NIB secara online yang dikutip dari laman www.oss.go.id. 

Syarat Membuat NIB Secara Online 

   1. NIK sudah elektri  

             2. NPWP 

             3. Alamat email yang aktif

             4. Nomor telepon yang aktif Jika semua dokumen di atas telah disiapkan, 

langkah selanjutnya yang perlu kamu lalui untuk membuat NIB adalah melakukan 

pendaftaran hak akses usaha mikro dan kecil di Online Single Submission (OSS).

 

Cara Daftar Hak Akses UMK di OSS

            1. Kunjungi laman https://oss.go.id/

            2.  Pilih menu "Ajukan Perizinan Usaha Mikro & Kecil" 

            3. Pilih jenis pelaku usaha pada kolom yang tersedia. Ada 2 pilihan yang bisa dipilih

                 sesuai status usahamu, yakni orang perseorangan atau badan usaha

            4. Masukkan NIK, nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, alamat email,

                  nomor telepon, dan isi  kode captcha, lalu klik "Daftar" 

             5. Sistem akan mengirimkan emal ke alamat email yang telah didaftarkan 

                   untuk proses verifikasi  dan aktivasi Untuk verifikasi,

             6. Anda hanya perlu klik tombol Aktivasi yang terdapat pada email tersebut.

                   Username dan   password untuk login akan tertera di email

             7. selanjutnya yang dikirim OSS Hak akses Anda siap digunakan untuk masuk ke Sistem OSS.                      

]                 Setelah proses pendaftaranHak Akses UMK di OSS selesai, 

                  Anda tinggal mendaftarkan usaha Anda untuk mendapatkan NIB. 

                Berikut cara-caranya: Cara Membuat NIB Secara Online 

               1. Kunjungi https://oss.go.id/

               2.  Pilih MASUK Masukkan Username dan Password beserta Captcha yang tertera, 

                   lalu kliK   tombol MASUK
     
               3 Klik Menu Perizinan Berusaha dan pilih Permohonan Baru

               4. Lengkapi Data Pelaku Usaha 

               5. Lengkapi Data Bidang Usaha Lengkapi 

               6 Data Detail Bidang Usaha 

               7. Lengkapi Data Produk/Jasa Bidang Usaha

               8. Periksa Daftar Produk/Jasa Periksa Data Usaha 

              9. Periksa Daftar Kegiatan Usaha Periksa dan Lengkapi Dokumen Persetujuan Lingkungan                                              (KBLI/Bidang Usaha Tertentu) Pahami dan Centang Pernyataan Mandiri Periksa Draf Perizinan                                      Berusaha Perizinan NIB terbit.



Postingan populer dari blog ini

IJIN SIMBG -PU

           Sejak diberlakukan nya UU Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung dan sejalan dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah Kabupaten/Kota memiliki tanggung jawab terhadap penyelenggaraan bangunan gedung yang tertib dan andal khususnya dalam proses penyelenggaraan ada 2 macam yaitu 1.        Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMB   2.          Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung (SLF)  Dengan diterbitkannya UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, terdapat perubahan substansi fundamental dalam proses penyelenggaraan perizinan bangunan gedung yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang -Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung .            Untuk itu jasaimb.com   membantu dalam pengurusan   dan perlengkapan untuk bisa mendirikan sebuah bangunan daerah cakupan saya meliputi area JAKARTA ,TANGERANG DAN DEPOK .

PERSYARATAN IZIN SITE PLEN / IRK

1. Scan Nomor Izin Berusaha (NIB) OSS | Wajib 2. Scan Izin Tetangga & scan foto copy KTP nya | Wajib 3. Scan Surat Pernyataan tanah tidak dalam sengketa dan siap mengikuti ketentuan tata ruang. (klik disini   4. GambarRencana Site Plan, Peta Situasi, Denah (1: 100/200), Tampak (1: 100/200), Potongan (1: 100/200) dan Detail Septictank , Sumur resapan Air Hujan dalam bentuk file autocad (DWG) | Wajib 5. Scan Status kepemilikan atas tanah (HGB/SHM/Sewa/JualBeli/......................(*) disertakan dengan surat ukur/gbr ukur. (bila diagunkan lampirkan surat keterangan Bank); | Wajib 6. Scan NPWP Pemohon | Wajib   7. Scan KTP Pemohon/Penanggung Jawab (Asli) | Wajib   8. Scan Akta Pendirian Perusahaan & Perubahannya yang telah disahkan Kemenkumham | Wajib 9. Scan NPWP Perusahaan (Berbadan Hukum) Atau NPWP Pribadi (Perseorangan) | Tentatif 10. Scan ijin lokasi dari OSS 11   SURAT KUASA